Selasa, 08 Desember 2009

KONSEP OTODA IDEAL

KONSEP OTODA IDEAL

Sejak tahun 1970-an saya ikuti perkembangan garis politik dan perundangundangan mengenai pemerintahan daerah ini, bahkan retreat kemasa awal kemerdekaan, menelusuri pergeseran dan variasi policy dan peraturan perundang-undangan, dan akhirnya dampaknya kepada daerah-daerah Itu sendiri, baik dari segi politik, maupun ekonomi dan termasuk dunia usaha di daerah-daerah itu. Setelah mengalami turut melakukan penelitian tentang pengukuran kemampuan daerah-daerah tingkat II di tahun 80-an dengan bertolok ukur pada UU no 5 tahun 1974, turut pula memberi bahan kontribusi untuk persiapan lahirnya PP No. 45 Tahun 1992, yang mengatur pemerintahan daerah dengan titik berat di tingkat II, akhirnya menyongsong kelahiran UU No. 22 tahun

1999 tentang Pemerintahan plus UU No. 25 tahun 1999 tentang Hubungan Keuangan antara Pusat dan Daerah dan mengikuti seminar / diskusi mengenai otonomi daerah. namun sampai akhir-akhir ini. saya melihat kehidupan daerah dengan otonominya ini, seperti berjalan di tempat 1.

Wacana tentang desentralisasi dan kebijakan otonomi daerah terus

mengggelinding, kata Tri Widodo W. Utomo. Saking ramainya perdebatan tentang

imselementasi dan implikasi otonomi banyak orang melupakan hakekat otonomi itu sendiri, kata Tri Widodo 2. Semenjak lahirnya Negara Kesatuan R.I. tahun 1945 Otonomi Daerah telah menjiwai ketatanegaraan Indonesia (ps. 18 UUD 1945). Bukti realitasnya beberapa UU tentang Pemerintahan Daerah berotonomi telah diterbitkan, menyusul dan berorientasi kepada perkembangan sosial politik yang terjadi di wilayah dan daerah-daerah di Indonesia dalam kurun waktu 5 (lima) dekade, yang terdiri dari:

- UU No. 1 Tahun 1945, tentang Komite Nasional Daerah,

- UU No. 22 Tahun 1948, Undang-Undang Pokok tentang Pemerintahan Daerah,

- UU No. 1 Tahun 1957, tentang Pokok-Pokok Pemerintahan Daerah,

- UU No. 18 Tahun 1965, tantang Pokok-Pokok Pemerintahan di Daerah,

- Tap MPRS No. XXI Tahun 1966, tentang pemberian otonomi seluas-luasnya

Kepada Daerah, (tetapi tidak pernah ditindak lanjuti oleh rejim Orde Baru),

- UU No. 5 Tahun 1974, tentang Pokok-Pokok Pemerintahan di Daerah,

- Tap MPR No. XV Tahun 1998,

- UU No. 22 Tahun 1999, tentang Pemerintahan Daerah,

- UU No. 25 Tahun 1999, tentang Perimbangan Keuangan antara Pemerintahan

Pusat dan Daerah.

1. Disertasi M. Solly lubis, Pengesaran garis politik dan perundang-undangan mengenai pemerintahan di Daerah dan Garis besar pelaksanaaln di Sumatera Utara (USU Medan. 14 Desember 1983).

2. Tri Widodo W. Utomo. Otonomi dan Ancaman Otoritarianisme di Daerah. Artikel dalam Surat kabar Harian Kompas, Jakarta. 01 April 2003. Dengan diikuti oleh berbagai UU, PP, Penpres / Keppres dan Peraturan Menteri sebagai aturan pelaksanaan dari UU tersebut pada masanya

Satu kalimat sloganis-retorikal yang sampai sekarang masih tetap kaburpengertiannya, ialah “Pusat itu adalah pusatnya Daerah dan Dearah-Daerah itu adalahDaerahnya Pusat”. Slogan ini dikembang-kembangkan di masa berlakunya UU No. 5 tahun 1974 tentang Pemerintahan di daerah yang mengandalkan prinsip otonomi daerah yang nyata dan bertanggung jawab. Namun yang terjadi ialah Pemerintahan (Pusat) terus-menerus mengeksploitir semua sumberdaya di daerah di bawah satu system kekuasaan yangi oligarkhis-cronyis, sehingga negara ini bergeser kepada mode: monarchie dan oligarchie secara terselubung (Vencopte monarehieen oligarehie).

Sesudah muncul era reformasi dan mencuat eforia demokrasi, justeru bukan hanya PP No. 45/1992 yang ber-ide titik berat otonomi di daerah tingkat II tadi yang kandas di tengah jalan, tetapi UU yang menjadi induknya itu yakni UU No. 5 tahun 1974 dengan gaya politik pragmatis dijungkirbalikkan, lalu diganti dengan UU No. 22 tahun 1999.

Yang ideal itu bagaimana :

Mencari format konstitusionalisme dengan pendekatan paradigmatik

Kita harus berfikir ulang dan menata ulang secara paradigmatik. Paradigma filosofis, kebijakan politis, dan peraturan perundang-undangan mengenai system pemerintahan dan pemerintahan daerah khususnya, adalah tiga dimensi yang bertalian erat satu sama lain, antara ketiganya ini sudah semenjak tahun 1945 susul menyusul adanya, dalam rangka mencari satu format atau model pemerintahan dan otonomi daerah yang sesuai dengan tuntutan perkembangan politik di Indonesia, baik dalam skala lokal, nasional, regional maupun global. Silih berganti UUD, begitu pula induk, policy (misalnya GBHN), disusul peraturan perundang-undangan mengenai pemerintahan dan otonomi daerah, tokh sampai hari ini belum juga ditemukan satu format yang dinilai mantap dan menjanjikan bagi bangsa ini, terlebih-Iebih bagi masyarakat di daerah. Justeru gerakan disentegrasi dan separatism yang bemunculan dimana-mana. Semuanya ini sebaiknya kita pulangkan kepada pernyataan pokok yakni apa latar belakang semua itu ? Di mana letak akar pemasalahannya. Di UUD-kah, di GBHN-kah atau di UU dan lainnyakah ? atau di dalam niat dan tekad serta mental dan perilaku penguasanya di Pusat atau di Daerah-Daerah itukah? Atau di semuanya itukah? Setelah melihat kembali jauh ke belakang berdasarkan pengalaman dan pengamatan di lingkungan pemerintahan itu, lalu menganalisa dari segi-segi 3 Sumitro Maskun: Perpektif Dunia Usaha Dalam Era Otonomi Daerah, makalah dalam Seminar sehari di selenggarakan lkatan Magister Manajemen, Program Pascasarjana Universitas Sumatera Utara, 31 Maret 2001 di Medan. teoretiskonsepsional maupun praktis-operasional, akhimya saya berpendapat dan berkeyakinan, bahwa di setiap mata rantai itu masih perlu dibenahi kembali. Dalam situasi yang demikian, maka UUD-Iah sebagai Konsep Dosen Sistem mengenai Nasional. yang akan menjadi sumber paradigma dasar yang ideal, untuk membuahi semua masalah pemerintahan. Termasuk Pemerintahan dan Otonomi Daerah. Menurut sepanjang pengamatan saya, bangsa ini sedang mencari-cari dan berusaha menemukan satu format konstitusionalisme yang baru bagi dirinya, untuk kepentingan penataan ulang sistem manajemen kehidupan bangsa ini di semua bidang politik ekonomi, sosial budaya dan Hamkam, termasuk mengenai Pemerintahan dan otonomi Daerah.

Konstitusionalisme yang saya maksud bukan konstiutsi dalam makna rumus UUD ansich, tetapi ialah isme, ism, pandangan, pemahaman, serta ide atau doktrin untuk mendapatkan satu rumusan bentuk dan pola baru mengenai manajemen kehidupan bangsa ini dengan semua sub-sistemnya, dan ingin ditata kembali menurut paradigm yang jelas, baik paradigma di tataran filosofis maupun politis dan yuridis. Hilaire Barnett mengatakan: “Coustutionalisme is the doctrine which governs the legitimacy of government action. By constituonalisme is meant - in relation to constituons written and unwitten conformity with the broad philosophical values within a state 4. Pasal 33 UUD 1945 yang memberikan pesan dan amanat kebijakan (political messages) mengenai format perekonomian nasional (disusun sebagai usaha bersama di antara semua aktor ekonomi) berdasarkan asas kekeluargaan (brotherhood, bukan family relationship), buKan gronyisme juga amanat supaya kekayaan alam tanah air ini dikelola dan dimanfaatkan untuk sebesar-besar kemakmuran rakyat (bukan secara oligarkis dan kroniisme), Bahkan supaya fakir miskin dan yatim piatu sebagai kaum lemah beserta kaum-kaum lemah lainnya, terutama dalam hal kehidupan sehari-hari. Juga dalam hokum pemerintahan dan kesempatan kerja dan berusaha, ternyata tidak konsekwen dan konsisten dijadikan sebagai acuan dan referensi konsitusional dalam praktek, kecuali lebih banyak retorika politis lewat GBHN. Pada hakekatnya, deviasi dan penyimpangan konstitusional yang terjadi selama

inilah yang harus dilempangkan supaya kembali ke koridor semestinya. Maka kasus Indonesia ini sebenarnya, ialah satu upaya besar rekonstitusionalisasi dalam rangka mencari format konsititusionalisme yang baru bagi bangsa ini. Menurut hemat dan prediksi saya selama masalah dan kepentingan yang standar dan prinsipal ini belum terpecahkan dan terselesaikan, maka sistem politik dan sistem perekonomian berikut sistem dan sub-sub sistem lainnya tidak akan kunjung mendapat format dan profilnya yang baru yang dinilai memenuhi keinginan masyarakat banyak dan luas. 4 Hilaire Barmett, BA, LL.M: Constituonal & Administrative Law, Cavendish publishing Limited, Landon. Sydney, Fourth Edition,2000, h.5. Secara tesis dapat dikatakan, tanpa kemasan kebijakan (package of policy) yang rapi dan terpadu sedemikian, bisa terjadi bahwa daerah-daerah hanya sekedar lahan dan obkeJ (sasaran) dan tidak turut sebagai subjek dan aktor aktif dalam kerjasama nasional regional dan global. Melalui pemikiran politis-strategis, kita sadar sepenuhnya bahwa Pemerintahan kita tidak mampu sendirian untuk membiayai pembangunan nasional perekonomian misalnya, dan oleh karenanya tak dapat tidak harus dirangkul potensi sektor swasta (private sectors) untuk mendukung beban ini, (domestic and foreign) setidak-tidaknya melalui penanaman modal dan pengembangan usaha di sektor pertanian dan perindustrian, lalu kemudian kita akan mengekspor barang jadi dan setengah jadi ke luar, kita peroleh devisa, lalu kita pergunakan via APBN dan APBD untuk membiayaj proyek-proyek pembangunan kita 5.5 Dalam konteks kebijakan yang demikian direkayasa kebijakan dan perundangundangan yang mendukung lalu kita terapkan deregulasi dan debirokratisasi secara paradigmatik selain untuk melancarkan proses administrasi buat melayani para penanam modal itu (domestic and foreign invertors) juga untuk menarik minat dan kebetahan mereka untuk beroperasi di wilayah dan lahan-lahan kita. Di dalam negara kesatuan, sangat mudah muncul isu kepentingan nasional yang dipertentangkan dengan kepentingan daerah. Dalam konteks ini, pemerintahan PusaT adalah pembela utama kepentingan nasional. Pemerintahan Pusat bertanggung jawab terhadap pelaksanaan tugas-tugas pemerintahan dan pembangunan pada tingkat nasional.

Menurut saya lagi, sebelum semuanya itu dimulai, harus lebih dulu di redakan gonjangganjing politik dan kekuasaan yang lagi berkobar secara sentral di tanah air ini. Baru kemudian, duduk bersama dengan pikiran yang jernih dan ideaf-futuristik, untuk memikirkan format konsitutisionalisme yang dipanjang pas dan cocok untuk masa depan ini. Di sinilah letak sumber kekesalan dan kegeraman masyarakat terhadap perilaku para aktor politik di tanah air ini, walaupun saya ragu apakah memang semuanya itu adalah sekedar politis atau telah berkualitas sampai ke strata negarawan (stateman, staatsmannen), yang mampu memikir dan merancang hari depan bangsa dan negara ini hingga jauh kedepan (futuristic view). Bagi Pemerintahan (Pusat) sumber-sumber kekayaan yang ada di daerah-daerah adalah bagian yang amat penting bagi penghasilan nasional, karena pertambangan, industri, pertanian, kehutanan dan berbagai bentuk badan usaha di daerah. Menurut kacamata Pemerintahan (Pusat) sumber kekayaan yang berasal dari suatu daerah adalah milik nasional yang dihasilkan oleh suatu Daerah tidak bisa hanya digunakan untuk kepentingan daerah bersangkutan. Asas pemerintahan merupakan salah satu pedoman kerja Pemerintahan (Pusat) sehingga sumbar kekayaan yang ada di daerah tertentu dibagikan pula ke daerah-daerah lain. Akibatnya, kekayaan suatu daerah tidak dapat dinikmati sendirian oleh Daerah bersangkutan. 5 Dr. Syahrir: Kondisi ekonomi. prospek usaha dan Otonomi Daerah, disajikan dalam Seminar sehari Ikatan Alumi Magister manajemen Universitar Sumatera Utara Medan, 31 Maret 2001. Sebaliknya, pihak daerah lebih menekankan pada kepentingan daerah. Dalam pandangan Daerah, sumber-sumber kekayaan yang ada di daerahnya sering kali dianggap bisa dimanfaatkan untuk kepentingan daerah dan rakyat disana. Hal ini terutama bila daerah bersangkutan masih terbelakang dan miskin. Semakin terbelakang suatu daerah semakin besar tuntutan supaya sumbel-sumber kekayaan yang ada di daerah yang bersangkutan digunakan pertama-tama untuk memenuhi kebutuhan

pemerintahan dan rakyat di daerah tersebut. Jawaban yang utama, dimulai menata kembali “hubungan kekuasaan dan hubungan keuangan antara Pusat dan Daerah” secara nasional melalui Undang-Undang, kemudian disusul dengan petunjuk pelaksanaan (juklak) yang diatur melalui Peraturan Pemerintahan (PP). Yang menjadi pertanyaan awal, sebelum itu ialah sejauh mana konsensus nasional dapat dicapai sebagai political will, yang akan menjadi landasan politis srategis buat menata hubungan yang dimaksud. Memang, nampaknya masalah ini sudah berulang-ulang muncul kepermukaan, namun hal hubungan tersebut adalah suatu aspek keadministrasian negara, yang tak dapat dihindari baik dalam konteks negara kesatuan maupun negara serikat. Menurut sepanjang pengalaman saya bersama rekan-rekan dari berbagai Universitas, LIPI, LSM, juga dengan Panitia-Panitia Ad Hoc-MPR dalam forum diskusi mengenai amandemen pasal-pasal UUD 1945, masalah Pemerintah Daerah dengan masalah Otonomi ini adalah termasuk masalah yang rentan dan prinsipil. Sampai hari ini belum ada kata-akhir mengenai persoalan akan dibagaimanakan masalah otonomi daerah ini untuk keperluan di masa yang akan datang. Disamping mengakui beberapa kebaikannya saya melihat kehadiran UU No. 22 tahun 1999 yang ada sekarang di sanasini masih memerlukan penyempurnaan. Padahal, UU seperti inilah yang akan menjadi salah satu acuan yuridis untuk menata ulang pemerintahan dan pembangunan di daerah, termasuk pembangunan di bidang perekonomiannya termasuk dunia usaha yang dinilai kondusif untuk pengembangan daerah. Ataukah kita akan berbicara berdasarkan peraturan yang ada dan seadanya saja, yakni UU No. 22 tahun 1999 dan peraturan-peraturan organiknya? Ataukah kita akan berfikir mengenai hal-hal yang, seyogianya akan diatur kelak melalui perubahan UU ini ?

Jika pertanyaan terakhir ini yang benar untuk kita garap hari ini, maka satu langkah lagi yang perlu dilakukan, yaitu melihat “ketersediaan” patokan-patokan konstitusional yang sudah ada sesudah amandemen UUD 1945, khususnya yang mengatur perihal Pemerintahan dan Otonomi Daerah.

Ketidak – teraturan peraturan

Yang saya maksud dengan ketidak-teraturan peraturan di sini, ialah tidak sistematisnya proses perumusan kebijakan ( policy ) mengenai Pemerintahan Daerah dan Otonominya itu, jika dibandingkan antara moment lahirnya UU No. 22 tahun 1999 tentang Pemerintahan Daerah dan UU No. 25 tahun 1999 tentang Hubungan Keuangan Pusat dan Daerah sebagai hasil desakan dan pukulan reformasi dan eforia demokrasi di tahun 1998 dan 1999 dihubungkan dengan moment lahirnya amandemen UUD 1945 (termasuk amandemen terhadap pasal 18 UUD itu tentang Pemerintahan Daerah) sebagai hasil desakan lanjut reformasi dan eforia demokrasi itu khususnya untuk mereformasi konstitusi 1945 di tahun 1999, 2000,2001 dan 2002. Setelah keluarnya UU mengenai Pemerintahan Daerah dan Keuangan Daerah itu apakah semua permasalahan sudah atau dapat segera diselesaikan ? Ternyata tidak. Bahkan Timbul masalah-masalah baru sebagai konsekwensi dari pergeseran garis kebijakan politik dan perundang-undangan itu, Sedangkan disisi lain, peraturan-peraturan untuk pelaksanaan tidak segera dilengkapi (organieke verordeningen). Terasa kerunyaman bahkan kekurang-pastian hukum mengenai status, posisi dan fungsi, dalam konteks hubungan antara pusat dan Daerah, bahkan juga terasa adanya kesimpangsiuran pandangan dan penafsiran mengenai hakekat otonomi daerah dalam UU itu.

Kerunyaman Transisional

Sebagai akibatnya, dalam masa transisi di tahun 1999 dan berikutnya dengan kelahiran UU No. 22 dan No. 25 tahun 1999 itu, terjadi pergolakan poIitis-yuridis administratif dalam hubungan antara Pusat dan Daerah. Bahkan antara Propinsi dengan kabupaten / Kota, bahkan Iagi antara sesama kabupaten / Kota itu sehingga terjadi semacam terputusnya hubungan hierarchis secara vertikal dan juga seperti hapusnya hubungan koordlinator dan subordinatif di antara sesama Pemerintah Pemerintah di Daerah itu. Kerunyaman ini ditandai oleh timbulnya berbagai aktivitas yang dipoIes dengan slogan reformasi dan eforia demokrasi, yang pada hakekatnya - menurut pengamatan danpenelitian saya adalah disebabkan oleh ketentuan - ketentuan dalam UU itu sendiri. Beberapa hal saya sampaikan sekedar contoh : 1) Tidak semua pihak legislatif maupun eksekutif didaerah Kabupaten dan Daerah Kota itu dinilai “siap” dalam arti menguasai pemahaman untuk menerapkan UU itu, dengan persepsi yang sama. 2) Terjadi sikap yang Ekstrim sedemikian, sehingga Daerah-daerah Kabupaten dan Kota menganggap tidak ada hubungan administratif dan fungsional sama sekali dengan Propinsi, dan beberapa KDH telah langsung berhubungan dengan Pemerintah pusat tanpa “sekedar pemberitahuan atau beri kabar pun” kepada Gubernur KDH Propinsi. 3) Timbul kecenderungan Kabupaten untuk mengeruk sebanyak mungkin sumber PAD seakan-akan kepentingan kesejahteraan masyarakat dinomor duakan, dan belum tentu terjamin bahwa pungutan-pungutan itu akan membalik (feed back, melting process) sebagai biaya penanggulangan kepentingan kesejahteraan rakyat (public service) 6. 4) Terjadi semacam rebutan kedudukan antar kaum politisi dari Parpol dan kalangan aparat birokrat yang telah meniti karir dengan jenjang pendidikan dan dengan jam terbang pengalaman yang cukup lama untuk menduduki posisi-posisi eksekutif. Bahkan disana sini terjadi “money politics” padahal menurut teriakan dan pekik reformasi semula, KKN harus dikikis habis, khususnya “suap menyuap” dalam hal pencalonan Kepala Daerah dan Wakilnya. Sampai saat ini masih ada kasus money politics ini, yang belum tuntas pemerosesannya secara yuridis. Apakah ini tidak bertentangan dengan visi dan misi reformasi dan prinsip demokrasi ?. 5) Dalam masa transisi peraturan dari UU No. 5 tahun 1974 kepada UU No. 22 1999 juncto PP. No. 108 tahun 2000 mengenai Tata cara penyampaian pertanggung jawaban KDH kepada DPRD, terlihat ketidak-siapan, dalam arti kedua pihak belum sepenuhnya memahami isi dan makna UU yang baru itu dibandingkan dengan isi dan makna UU yang lama. 6) Terlihat adanya kecenderungan pengkaplingan wilayah kekuasaan diantara Kabupaten-kabupaten dengan semangat otonomi yang meluap-luap dan menganggap tidak harus adanya lagi campur tangan Pusat terhadap kasusnya meskipun mengaku bahwa negara ini (masih) negara kesatuan. Apakah merasa tidak perlu adanya lagi koordinasi ataupun konsultasi?. Dalam praktek dan perkembangan di daerah-daerah, muncul pemeo bahwa penguasa sebagai penyelenggara pemerintahan di daerah, telah menjadi semacam “raja-raja kecil” yang mengklaim tidak adanya lagi hubungan kordinatif dan kontrol oleh Propinsi / Gubernur terhadap Kabupaten / Bupati dan Kota / Walikota. Beberapa contoh Bupati sudah langsung berhubungan dengan menteri Dalam Negeri “tanpa

kordinasi / konsultasi / pamit” lagi kepada Gubernur. 7) Terdapat ketidak -pastian mengenai perlu tidaknya penyusunan Program Pembangunan Daerah (Propeda) Kabupaten, disusun dengan cara menyesuaikan dengan Propeda Propinsi (termasuk Rencana Strategisnya), dan sebaliknya apakah pemerintah Propinsi masih punya kewenangan memberikan semacam arahan strategis kepada Kabupaten dan Kota. Kalaupun tidak mengakui perlunya sub-ordinasi, apakah tidak perlu lagi koordinasi, sebagai salah satu fungsi manajemen ?.

8) Restrukturisasi kelembagaan dan kepegawaian pasti terjadi secara besar-besaran

karena Daerah harus menuntaskan reposisi dan refungsionalisasi para pejabat dan

pegawai, yang tadinya adalah aparat Pusat dan Daerah, (Kanwil, Kandep, Dinas,

Cabang Dinas) yang bersama-sama berada di Daerah yang sama dan rnengenai

urusan yang sama atau bersamaan.

9) Mengenai urusan-urusan tertentu termasuk “pertanahan” misalnya, masih akan

menjadi permasalahan, karena kedua pihak Pemerintah akan dipertanyakan, pihak

mana kelak dan kompeten mengenai urusan pertanahan, apakah kabupaten dan

Kota yang menjadi tempiat lokasi tanah ataukah pihak Pusat atau Propinsi. Dengan

6 Akhir-akhir ini, berkembang pula kecenderungan pihak legislatif untuk meningkatkan Anggaran Belanja, bukan untuk

sebanyak mungkin dikembalikan kepada masyarakat lewat pembangunan (public service), tetapi untuk meningkatkan

honorarium sebagai anggota legislatif daerah (melalui biaya rutin).

kata lain, BPN-kah atau akan ada Dinas Pertanahan Daerah untuk mengurusi

pertanahan.

Dasar hukum untuk kewenangan daerah (Kabupaten dan Kota) mengenai “Pertanahan”

ialah pada pasal ii UU No. 22 tahun 1999. Pasal 11 ayat (2) : Bidang pemerintahan yang

wajib dilaksanakan oleh Daerah Kabupaten dan Daerah Kota meliputi pekerjaan umum,

kesehatan, pendidikan dan kebudayaan, pertanian, perhubungan, industeri, dan

perdagangan, penanaman modal, lingkungan hidup, pertanahan, koperasi dan tenaga

kerja. Dalam penjelasan resmi pasal 1 ayat (2) ini dikatakan :

Tanpa mengurangi arti dan pentingnya prakarsa daerah dalam penyelenggaraan

pelayanan dasar kepada masyarakat. Daerah Kabupaten dan Daerah Kota wajib

melaksanakan kewenangan dalam bidang pemerintahan tertentu menurut pasal ini,

sesuai dengan kondisi Daerah masing-masing, dan merupakan kewenangan yang

wajib dilaksanakan oleh Daerah Kabupaten dan Daerah Kota tidak dapat dialihkan

Daerah Propinsi.

Apeksi (Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia) mendesak supaya

Pemerintah Pusat menyerahkan wewenang mengenai pertanahan ke Daerah, dengan

alasan bahwa UU No. 22 tahun 1999 memasukkan urusan pertanahan menjadi kewajiban

yang harus dilaksanakan oIeh Daerah Kabupaten dan Kota (Pasal 11 ayat (2) tahun

1999).

Apeksi bahkan minta supaya Keppres No.10 tahun 2001 yang memberikan kembali

wewenang kepada BPN (Badan Pertanahan Nasional) dicabut atau tidak diperpaniang.

Masalah pertanahan mendesak dibahas, mengingat masa berlakunya Keppres No.10

tahun 2001 yang dikeluarkan semasa Abdurrahman Wahid hanya sampai 31 Mei 2003,

dan jika Keppres itu tidak diperpanjang atau tidak diperbaharui, secara otomatis, menurut

Apeksi mulai 1 Juni 2003 masalah pertanahan akan dikelola oleh Daerah.

Menurut Rusfi Yunairi (Direktur Apeksi / Ketua Panitia Rapat Teknis Sekda / Bapeddal

Asisten Apeksi, menurut berita Republika 22 Mei 2003), selain Apeksi, Apkasi (Asosiasi

Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia) dan Adeksi (Asosiasi Dewan Kota Seluruh

Indonesia) juga menuntut hal yang sama, yaitu memberikan wewenang penuh kepada

Daerah dalam mengurus pertanahan. “Kita semua sepakat bahwa BPN akan kita kubur”,

demikian bunyi pernyataan itu 7.

Kemandirian Yana Integral

Untuk mengetahui hakekat pemberian otonomi kepada Daerah perlu difahami

benar-benar prinsip-prinsip pemberian otonomi daerah yang disebutkan dalam Penjelasan

UU no, 22 1999 tentang Pemerintahan Daerah.

Di situ dikatakan adanya 8 (delapan) pokok prinsip yang dimaksud :

1) Penyelenggaraan Otonomi Daerah dilaksanakan dengan memperhatikan aspek

demokrasi, keadilan, pemerataan, serta potensi dan keaneka ragaman Daerah.

7 Harian Republika, Jakarta, Kamis 22 Mei 2003, halaman 3.

2) Pelaksanaan otonomi Daerah didasarkan pada otonomi luas, nyata, dan

bertanggungjawab.

3) Pelaksanaan otonomi Daerah yang luas dan utuh diletakkan pada Daerah

Kabupaten dan daerah Kota, sedang daeraih Provinsi merupakan otonomi yang

terbatas.

4) Pelaksanaan otonomi Daerah harus sesuai dengan konstitusi negara sehingga

tetap terjamin hubungan yang serasi antara Pusat dan Daerah serta Antar Daerah.

5) Pelaksanaan otonomi Daerah harus lebih meningkatkan kemandirian Daerah

Otonomi, dan karenanya dalam Daereh Kabupaten dan Daerah Kota tidak lagi ada

Wilayah Administrasi. Demikian pula dikawasan-kawasan yang khusus yang dibina

oleh Pemerintah (Pusat) atau pihak lain, seperti badan otoritas, kawasan

pelabuhan, kawasan perumahan, kawasan industri, kawasan perkebunan,

kawasan pertambangan, kawasan kehutanan, kawasan perkotaan, baru kawasan

pariwisata, dan semacamnya berlaku ketentuan Peraturan Daerah Otonomi.

6) Pelaksanaan Otonomi daerah harus lebih meningkatkan peran dan fungsi badan

legisfatif Daerah, baik sebagai fungsi legislatif, fungsi pengawasan maupun fungsi

anggaran atas penyelenggaraan Pemerintahan Daerah.

7) Pelaksanaan asas dekonsentrasi diletakkan pada Daerah Provinsi dalam

kedudukannya sebagai Wilayah Administrasi untuk melaksanakan kewenangan

pemerintahan tertentu yang dilimpahkan kepada Gubernur sebagai Wakil

Pemerintah (Pusat).

8) Pelaksanaan asas tugas pembantuan (medebewing, peny) dimungkinkan, tidak

hanya dari Pemerintah (Pusat) kepada Daerah, tetapi juga dari Pemerintah (Pusat)

kepada Desa, yang disertai dengan pembiayaan, sarana dan prasarana, serta

sumber daya manusia dengan kewajiban melaporkan pelaksanaan dan

mempertangungjawabkan kepada yang menugaskannya.

Sebagaimana biasanya fungsi Penjelasan suatu UU, Penjelasan di atas sangat penting

artinya bagi kepastian hukum mengenai Pemerintahan dan otonomi Daerah ini, untuk

diketahui semua pihak baik kalangan Pusat maupun Daerah. Perlu pula diingat bahwa

Penjelasan itu sebagai bagian yang senyawa dan tak terpisah dari pasal-pasal UU itu,

adalah produk kesepakatan wakil-wakil rakyat secara Nasional, baik dari sudut kebijakan

(policy, beleid) maupun dari sudut perundang-undangan (yuridis), dan bahwa ketentuanketentuan

itu mengikat bagi semua pihak.

Atas dasar kerangka pemikiran politis dan yuridis, sebagaimana dikemukakan sebagai

prinsip-prinsip pemberian otonomi di atas, dapat kiranya dimaklumi, pemastian dan

penegasan mengenai hakekat slogan yang selama ini selalu digaungkan, bahwa pusat itu

adalah Pusatnya Daerah, dan bahwa Daerah-Daerah itu adalah Daerahnya Pusat.

Saya berpendapat, memang harus demikian prinsip yang harus ditegakkan dalam Negara

Kesatuan bahkan juga di Negara-negara Serikat 8.

8 Di negara Serikat (federasi) seperti Amerika Serikat, dalam UUD-nya diatur perihal kewenangan Pemerintah Federal

(enumerated power) dan ada patokan dasar konstitusional bahwa sisanya (residual power) menjadi kewenangan

negara-negara bagian. Di Malaysia distribulsi kewenangan sepertj itu disebut secara rinci dalam Federal List, State List

dan Concurrent list.

Jadi menurut prinsip itu, daerah otonomi yang mandiri dan memiliki kemandirian itu,

kemandirian selaku daerah otonomi yang berwenang mengatur (beeheren, membuat

Perda sendiri) dan mengurus (beheeren, menyerenggarakan pemerintahan menurut

peraturan yang sudah dibuat), namun tetap dalam konteks dan kerangka negara kesatuan

(eenheids staat), bukan negara dalam negara.

Pembinaan dan Pengawasan

Menurut Penjelasan Umum dalam UU No. 22 tahun 1999, yang dimaksud dengan

“pembinaan” adalah lebih ditekankan pada memfasilitasi dalam upaya pemberdayaan

Daerah Otonomi, sedangkan “Pengawasan” lebih ditekankan pada pengawasan represif

untuk lebih memberikan peran kepada DPRD dalam mewujudkan fungsinya sebagai

badan pengawas terhadap pelaksanaan otonomi daerah.

Karena itu, Peraturan Daerah (Perda) yang ditetapkan Daerah Otonomi tidak memerlukan

pengesahan terlebih dahulu oleh pejabat yang berwenang (baca penjelasan Umum

puntIo).

Pada bab XII UU No. 22 tahun 1999 diatur perihal “pembinaan dan pengawasan”. Pasal

112 UU mengatakan, dalam rangka pembinaan Pemerintah (Pusat) memfasilitasi

penyelenggaraan otonomi Daerah. Yang dimaksud dengan memfasilitasi adalah upaya

memberdayakan (empowerment) Daerah otonom itu melalui pemberian pedoman,

bimbingan, arahan dan supervisi (baca ayat 1 dan Penjelasannya).

Pedoman mengenai pembinaan dan pengawasan atas penyelenggaraan otonomi Daerah

itu ditetapkan dengan Peraturan Pemerintah (PP). PP itu sekarang ialah PP No. 20 tahun

2000.

Secara sistem perundang-undangan, PP itu harus dilihat dalam hubungan dan rangkaian

kesatuan dengan dan sekaligus sebagai lanjutan induk ketentuan di pasal 112 UU No. 22

Tahun 1999. Perbedaan formil ialah UU adalah produk bersama antara Presiden dan

DPR sedangkan PP adalah Produk Presiden sendiri.

Dalam konsep hukum tatanegara dan administrasi negara, dikenal pengawasan secara

preventif dan pengawasan secara represif. Yang preventif ialah tindakan prevensi

(pencegahan) oleh Pemerintah Atasan terhadap Rancangan peraturan, misalnya

Pemerintah (Pusat) c.q. menteri Dalam Negeri dan Otonomi Daerah (Men.DN.Otda)

langsung atau dikuasakannya kepada Gubernur untuk membatalkan Renperda

(Rancangan Peraturan daerah Kabupaten / Kota) antara lain dengan alasan bertentangan

dengan kepentingan umum, bertentangan dengan peraturan yang lebih tinggi atau karena

mengatur hal-hal yang sudah diatur dalam peraturan yang lebih tinggi itu.

Pada pengawasan secara repressif, ialah membatalkan peraturan Daerah yang sudah

kadung berjalan.

Menurut pasal 113 UU No. 20 Tahun 1999, dalam rangka pengawasan, Perda dan Kpts

KDH disampaikan kepada Pemerintah (atasan) selambat-lambatnya 15 (lima belas) hari

setelah ditetapkan. Menurut pasal 114, pemerintah dapat membatalkan Perda dan Kpts

KDH yang bertentangan dengan umum atau perundang-undangan lainnya.

Keputusan pembatalan Perda dan Kpts KDH itu, diberitahukan kepada KDH yang

bersangkutan dengan menyebutkan alasan-alasannya (ayat (2) pasaI 114). Selambatlambatnya

satu minggu setelah keputusan pembatalan Perda dan Kpts. KDH itu, keduaduanya

harus dibatalkan pelaksanaannya (baca (3) pasal 114 itu. Daerah yang tidak

dapat menerima keputusan pembatalan Perda ataupun Kpts KDHnya dapat mengajukan

keberatan kepada mahkamah Agung setelah mengajukannya kepada Pemerintah (Pusat

atau wakilnya di daerah yakni Gubernur) (baca ayat 4 UU No. 22 tahun 1999 itu).

Berdasarkan ketentuan-ketentuan hukum dalam UU No. 22 tahun 1999 tentang

Pemerintahan Daerah berikut penjelesannya itu, baik Penjelasan Umum maupun

penjelasan Pasal demi Pasal, ditarik kesimpulan bahwa otonomi Daerah yang akan

dikembangkan menurut UU ini ialah otonomi daerah dengan kemandirian yang integral.

Berarti, daerah-daerah diberikan komandirian dalam makna kebebasan untuk mengatur

dan mengurus Daerahnya masing-masing (relegen en beheeren), namun tetap berada

dalam status sebagai bagian yang integral dan terpadu dalam lingkungan negara

kesatuan R.I.

Sebenarnya status dan posisi Daerah yang demikian, sudah demikian lama dianut di

Indonesia, baik melalui UUD maupun melalui UU, namun faktor kebebasan mengatur dan

mengurus itulah yang bervariasi dari masa-kemasa sesuai dengan perkembangan politik

dan pemerintah.

Menurut pendapat saya, apapun peraturan yang berlaku, dan bagaimanapun peraturan

silih berganti, dan bagaimanapun gejolak Politik yang berkembang, namun perlu adanya

kesamaan persepsi di antara semua pihak-pihak Pemerintah, baik Pusat dan daerah, dan

juga antar-sesama Daerah, untuk menempatkan semua masalah dan penggarisan

kebijakan serta pembuatan peraturan (UU, Perda, dsb) dalam konteks pemikiran yang

senantiasa mengarah kepada pemeliharaan kultur dan nilai-nilai demokrasi.

Dengan tidak mengabaikan gejolak dan situasi nasional dan perkembangan kekuasaan di

Ibukota, sebaiknya Pemerintah Provinsi, Kabupaten dan Kota sudi duduk bersama

dengan pemikiran yang jernih dan rasional untuk bersama-sama menemukan dan

menggariskan kebijakan mengenai pelaksanaan pemerintahan, pembangunan dan

kemasyarakatan di lingkungan Provinsi masing-masing, dengan mengutamakan

kepentingan dan kesejahteraan masyarakat, tidak sekedar melihat secara sempit

kepentingan daerah masing-masing ataupun dengan arogan mempertahankan

kepentingan kekuasaan yang formal di daerahnya sendiri-sendiri.

BEBERAPA MASALAH PRAKTIS : VERSI SUMATERA UTARA 9.

Di bawah ini penulis kemukakan beberapa masalah yang dihimpun berdasarkan

tulisan Saudara AbduI Kadir Kepala Sub Dinas Perencanaan Dinas Pendapatan Daerah

Sumatera Utara sebagai berikut :

1) Penafsiran terhadap pasal 4 ayat (1) dan ayat (2) UU No. 22 tahun 1999. Dalam

praktek pelaksanaan UU No. 22 tahun 1999 dan UU No. 25 tahun 1999 ternyata

dapat memberikan tafsiran yang kadangkala dalam arti sempit, sehingga

menimbulkan konflik antara Pemerintah Propinsi dengan Kabupaten / Kota dan

sebaliknya antara Kabupaten dengan Kabupaten, dan juga antara Kabupaten

dengan Kota dalam wilayah yang berhampiran.

Hal ini dapat dicermati pada bunyi pasal 4 ayat (1) dan (2) UU No. 22 tahun 1999

yang menyatakan bahwa Daerah Propinsi. Daerah Kabupaten / Kota masingmasing

berdiri sendiri dan tidak mempunyai hubungan hierarkhi satu sama lain.

2) Pembagian Wilayah Daerah Khususnya Wilayah Laut.

Pasal 3 UU No. 22 tahun 1999 itu bahwa wilayah laut Propinsi adalah sejauh 12 mil

laut yang diukur dari garis pantai dari laut lepas, kearah laut lepas dan atau kearah

perairan kepulauan. Selanjutnya disebutkan pada pasal 10 ayat (3) bahwa

kewenangan Daerah Kabupaten / Kota adalah sejauh 1/3 mil dari batas laut

Daerah Propinsi.

Untuk menghindari tafsiran dan persepsi yang berbeda dalam implementasinya

dalam praktek, seyogianya diterbitkan peraturan pelaksanaannya (organieke

verordening, mungkin PP atau Keppres), sehingga pelaksanaannya dapat berjalan

dengan baik dan benar sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

3) Pedoman Perangkat Daerah.

Pasal 99 PP No. 25 tahun 2000 tentang Kewenangan Pemerintah dan

Kewenangan Propinsi sebagai Daerah Otonom kiranya memerlukan aturan

pelaksanaannya untuk menjadi pedoman mengenai standard dan norma berupa

petunjuk dan arahan dari Menteri terkait.

Disamping PP No. 25 tahun 2000 itu ada PP No. 84 tahun 2000 tentang

Pengumuman Perangkat Darah, dan menurut PP ini, maka berbagai kewenangan

yang sebelumnya hal yang sama juga dilakukan oleh Kabupaten / Kota di instansi

vertikal telah diserahkan dan berintegrasi menjadi Dinas atau Badan Propinsi

Dalam kenyataannya pengintegrasian itu lebih didominasi atas pengalihan status

PNS, personil dan beberapa aset serta sebagian kewenangan yang dinilai dapat

dilaksanakan Propinsi.

4) Sumber penerimaan, khususnya PNBP (Penerimaan Negara Bukan Pajak).

Menurut pengamatan dan pengalaman, pelaksanaan UU No. 22 tahun 1997

tentang Penerimaan Negara bukan Pajak (PNBP) juncto PP No. 22 tahun 1997

9 Abdul Kadir SH, Potret Otonomi Daerah dalam Perspektif Pengelolaan Sumber Pendapatan Daerah, Dipendasu

Medan, 2003.

tentang Penyetoran dan Jenis-Jenis PNBP, berarti PP ini diharapkan menjadi

semacam lex specialis (aturan khusus). Sedangkan dalam pelaksanaannya.

ternyata pengaturan kewenangan secara teknis diterbitkan (SE, Surat Edaran) dan

Keputusan Mentri terkait, yang difasilitasi oleh Keputusan Menteri Dalam Negeri.

Sedangkan di sisi lain UU maupun PP mengenai penyerahan kewenangan

pengelolaan PNBP kepada Daerah sama sekali belum diterbitkan, sehingga

menimbulkan keraguan, baik bagi Pemerintah Propinsi maupun Kabupaten / Kota.

Dalam praktek, untuk mengatasi keraguan yang berkepanjangan itu, maka dengan

berpegang pada petunjuk Menteri “terkait” baik berupa Keputusan maupun Surat

Edaran, beberapa Daerah rnemberanikan diri menerbitkan Peranan Daerah

(Perda) tentang pengelolaan kewenangan tersebut yang berkaitan dengan “Objek

pungutan daerah”.

Untuk itu Propinsi Sumatera Utara menerbitkan 3 (Tiga ) Perda yang terkait dengan

kewenangan di bidang penindustrian dan perdagangan yakni Perda No. 3 tahun

2003 tentang Retribusi Tera dan Tera Ulang bagi alat ukur, takar / timbang, dan

perlengkapannya (UTTP), Metrologi Legal, Perda No. 4 tahun 2003 tentang

Retribusi Jasa Pengujian dan Sertifikasi mutu barang serta dibidang pertanian ialah

Perda No. 5 tahun 2003 tentang Retribusi pemeriksaan Lapangan, pengujian dan

Sertifikasi Benih Tanaman pangan dan Hortikultura.

Dalam hubungan ini, Sebelumnya beberapa pemerintah Kabupaten / Kota telah

membuat Perda dalam rangka peningkatan sumber PAD yang objeknya terkait

dengan dunia usaha, investasi dan perdagangan yang menurut persepsi Daerah

pungutan itu merupakan kewenangan Kabupaten / Kota.

Menurut data dan informasi dari Departemen Keuangan ternyata Perda yang

diterbitkan pada tahun 2001, terdapat 40 (empat puluh) Perda Kabupaten / Kota

mengenai “Pajak” dan “Retribusi” Daerah Direkomendasi Menteri keuangan

kepada Menteri Dalam Negeri untuk “dibatalkan” dengan pertimbangan

bertentangan dengan kepentingan umum dan Peraturan yang lebih tinggi.

5) Pajak Daerah

Undang-Undang No. 34 tahun 2000 yang mengubah UU No. 18 tahun 1997

tentang pajak Daerah dan Retribusi daerah, ditetapkan jenis-jenis Pajak Propinsi

dan pajak Kabupaten / Kota.

Untuk Propinsi sudah ditetapkan secara Limitatif (berarti tidak dapat menetapkan

jenis Pajak lain), sedangkan Pajak Kabupaten / Kota masih dapat menetapkan

jenis Pajak Baru selain dari yang telah ditetapkan, sesuai dengan potensi dan

kriteria yaing sudah ditentukan.

Berdasarkan UU itu, kemudian diatur lanjut melalui PP No. 65 tahun 2001 tentang

Pajak Daerah, maka Pajak Propinsi bagi hasilnya kepada Kabupaten / Kota yang di

kelolakan dengan memperhatikan aspek potensi dan aspek pemerataan. Itu

berarti, tidak sepenuhnya hasil penerimaan Pajak Propinsi dapat dimanfaatkan

Propinsi dalam APBD-nya untuk membiayai penyelenggaraan Pemerintahan,

pelaksanaan Pembangunan dan pelayanan kepada masyarakat.

Sedangkan disisi lain, Kabupaten / Kota , selain dapat memanfaatkan sepenuhnya

penerimaan yang dikelolanya, juga dapat pula rnemanfaatkan dana perolehan

penerimaan bagi hasil Pajak Propinsi dalam APBD Kabupaten / Kota itu.

6) Pungutan Restribusi Daerah

PP No. 36 tahun 2001 sebagai peraturan pelaksanaan UU No. 34 tahun 2000

mengatur pengelompokan jenis retribusi menurut golongan pemberian pelayanan

(seperti : jasa umum, jasa usaha dan perizinan tertentu), dimana Propinsi dan

Kabupaten / Kota dapat memungutnya sesuai potensi dan kewenangan Daerah

melalui Perda (Peraturan Daerah).

7) Khusus Mengenai pengembangan dan penggalian Objek Retribusi

Penjelasan PP No. 66 tahun 2000 pasal 6 disebut bahwa jenis Retribusi lainnya

antara lain penerimaan negara yang bukan pajak (PNBP). Ini tentunya menjadi

“dambaan”. Daerah yang mengharapkan adanya perhatian dan iktikad Pemerintah

(Pusat). Yakni Departemen plus Dirjen terkait agar benar-benar menyikapinya

secara arif bijaksana dalam hubungannya dengan amanat PP No. 25 tahun 2000.

Dihubungkan dengan ketentuan hukum mengenai penyerahan jenis-jenis kepada

daerah, perlu kepastian hukum (rechts zekerheid) sebagai pedoman bagi propinsi

maupun Kabupaten / Kota, supaya tidak terkesan adanya “tarik menarik” diantara

instansi-instansi itu, dan terlihatnya duplikasi mengenai “objek penerimaan

pungutan” yang sama, yang tentunya mernbingungkan para “subjek membayar

PNBP” itu sendiri.

8) Potensi perkebunan, perikanan dan sumber daya alam lainnya (pengalaman

Propinsi Sumatera Utara).

a. Perkebunan

Dalam kaitan pelaksanaan UU No. 25 tahun 1999 tentang perimbangan

keuangan pemerintah pusat dan daerah, pada pasal 6 ayat (5), ternyata potensi

perkebunan tidak termasuk alokasi sumber daya alam yang dapat dibagi hasilkan

kepada Daerah. Hal ini dapat dilihat dalam pasal tersebut yang menyatakan bahwa

bagian Daerah dari penerimaan sumber daya alam adalah bagian dari penerimaan

negara yang berasal dari pengelolaan sumber daya alam antara lain, dibidang

pertambangan umum, pertambangan minyak dan gas alam, kehutanan dan

perikanan. Hal ini tentunya merugikan propinsi Sumatera Utara: yang secara

spesifik alamnya sangat potensial diusahai oleh perusahaan perkebunan baik

BUMN (PTPN) maupun swasta nasional / asing, yang selama ini produksinya

merupakan salah satu komoditi ekspor andalan dari sektor non migas.

Dalam menyahuti ketetapan MPR RI No: IV/MPR/2000 pada bab III angka 4

mengenai rekomendasi kebijakan dalam penyelenggaraan otonomi Daerah antara

lain disebutkan :

“ Bagi daerah terbatas sumber daya alamnya, perimbangan keuangan

dilakukan dengan memperhatikan kemungkinan untuk mendapatkan bagian

dari keuntungan BUMN, yang ada didaerah bersangkutan dan bagian dari

pajak penghasilan perusahaan yang beroperasi ”.

Oleh karenanya melalui Surat Gubernur Sumatera Utara tertanggal 30 Mei

2002 No. 973/3321 yang ditujukan kepada Ibu Presiden RI (tembusan kepada

Ketua DPR RI dan Menteri / Dirjen terkait) telah dimohonkan kepada Pemerintah

Pusat dapat merealisasi secara konkrit dari rekomendasi TAP MPR RI tersebut

melalui penetapan kebijakan pengaturan pembagian alokasi kontribusi atas

keuntungan BUMN dan bagian dari PPH Badan / Perusahaan yang beroperasi

didaerah Propinsi Sumatera Utara.

b. Perikanan

Bagi Propinsi juga dirugikan dengan tidak turut memperoleh bagi hasil dari

penerimaan Sumber Daya Alam dari sektor perikanan, dimana berdasarkan

ketentuan UU No. 25 Tahun 1999 dan PP No. 104 Tentang Dana Perimbangan,

diatur alokasi imbangannya hanya untuk Pusat dan Kabupaten / Kota.

Dari gambaran dan ulasan tersebut diatas, pada hakekatnya keberadaan

UU No. 22 Tahun 1999 dan UU No. 25 Tahun 1999 dilain pihak beberapa Daerah

akan mengalami peningkatan baik dalam pengelolaan sumber pendapatan dan

Sumber Daya Alam maupun penyelenggaraan kewenangan Otonominya. Namun

dipihak lain beberapa daerah merasa dirugikan. Hal yang paling dirasakan

disamping kurang harmonisnya koordinasi tugas-tugas Pemerintahan,

Pelaksanaan Pembangunan, dan tugas-tugas pelayanan kepada masyarakat juga

cenderung menurunnya kapasitas pembinaan Pemerintah Propinsi kepada

Kabupaten / Kota dan jalinan kebersamaan Kabupaten dengan Kabupaten dan

kabupaten dengan Kota yang berhampiran. Hal ini pada dasarnya disebabkaln

adanya persepsi beberapa Daerah yang terkesan “egoregional” yang semata-mata

terfokus begaimana untuk rneningkatkan sumber pendapatan Daerah sebesarbesarnya

untuk menjadi penopang sumber keuangan dalam APBD yang

bersangkutan, yang kadang kala terlihat mengabaikan kepentingan yang Iebih

hakiki seperti aspek regeling terhadap wawasan lingkungan (ekosistem).

Oleh karenanya sebagaimana dikatakan oleh Sdr. Abdul Kadir, dengan

melihat Potret Otonomi Daerah dari perspektif pengelolaan pendapatan Daerah

yaitu disatu sisi memberikan peluang kepada Daerah, dalam melaksanakan

eksistensi otonominya namun disisi lain apabila tidak disikapi secara positip, juga

akan dapat menimbulkan konflik antara Pemerintah Pusat dan Daerah terutama

dalam hal pemberian kewenangan yang terkesan masih belum sepenuh hati,

demikian pula kaitannya dengan pengelolaan sumber penerimaan Negara Bukan

Pajak (PNBP) dan keberadaan BUMN yang beroperasi di Daerah.

Apapun yang terjadi dan persepsi dari berbagai ragam fenomena

pelaksanaan Otonomi Daerah tersebut, maka mau tidak mau atau suka tidak suka

hendaknya dapat disahuti dan disikapi oleh Pemerintah melalui evaluasi dari

berbagai aspek dan jika diperlukan melakukan revisi beberapa materi dari kedua

Undang-Undang tersebut. Namun harus tetap adanya pemahaman bersama

bahwa keberadaan UU No. 22 Tahun 1999 tetap dalam koridor melestarikan rasa

kebangsaan dengan tetap menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia

dan hal ini diperlukan win-win solution untuk dapat dirasakan, dipahami dan

diterapkan setara konkrit oleh segenap jajaran Pemerintah dari tingkat Pusat,

Propinsi dan Kabupaten / Kota bersama Stakeholder dengan menyahuti aspirasi

yang tumbuh dan berkembang di masyarakat.

Sekian dan Terima Kasih.

Kuta, Bali Juli 2003

Tidak ada komentar:

Posting Komentar